Makanan Yang Menyehatkan Jantung

Jantung adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh kita. Bertugas mempompa darah ke seluruh organ tubuh. Kolesterol tinggi dan tekanan darah, serta penyakit lain yang berhubungan dengan jantung seperti Aritmia Jantung akan sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena itu, diperlukan perubahan asupan makanan dalam keseharian anda. Selain melakukan pengobatan penyakit jantung (Baca juga : Obat Penyakit Aritmia Jantung) , anda juga harus mendorong dan mendukung pengobatan dengan makanan makanan yang menyehatkan jantung. Apa saja sih makanan yang menyehatkan jantung? Simak artikel ini hingga habis yaa, karena kami akan berbagi informasi mengenai makanan yang menyehatkan jantung.

Makanan Yang Menyehatkan Jantung Paling Bagus

Makanan Yang Menyehatkan Jantung

1.Almond

Menambahkan kacang almond kedalam diet harian anda dapat membantu mengurangi kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung semakin parah. Kandungan antioksidan dalam kacang almond dapat menghancurkan radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit jantung. Selain itu, kacang almond juga baik untuk meningkatkan mood yang kurang baik.

2. Salmon

Salmon dikenal dengan super kaya asam lemak omega-3 yang efektif untuk mengurangi tekanan darah dan pembekuan darah yang merupakan salah satu alasan utama serangan jantung. Salmon mengandung antioksidan yang kuat yaitu astaxanthin karotenoid.Bukan penggemar salmon? Ikan berminyak lain seperti mackerel, tuna, herring, dan sarden akan memberikan kesehatan jantung anda yang sama.
Studi menunjukan bahwa salmon dapat menurunkan risiko aritmia jantung (detak jantung tak teratur), dan aterosklerosis (plak di arteri) dan menurunkan trigliserida.  The American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali seminggu.

3. Alpukat

Alpukat merupakan sumber natrium yang bebas kolesterol. Berisi lemak baik yang memberikan kontribusi yang bagus dalam menurunkan kadar kolesterol dan dapat dianggap sebagai makanan yang menyehatkan jantung. Menambahkan alpukat dalam sandwich atau salad anda dapat membantu menurunkan kadar LDL sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol HDL dalam tubuh. “Alpukat sangat mengagumkan, karena dapat melakukan penyerapan karotenoid terutama beta karoten dan lycopene yang penting untuk kesehatan jantung” kata Dr Sinatra.

4. Kacang kacangan

Mengkonsumsi setengah cangkir kacang secara teratur dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda dan rendah kolesterol. Kacang dapat mengontrol kadar LDL (kolesterol jenis buruk) sekaligus mengurangi risiko serangan jantung. Kacang kaya akan omega 3, yang sarat dengan lemak mono dan polyunsaturated. Anda bisa pilih sesuai selera, bisa jadi itu kacang panjang, buncis, kedelai,dll.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang mempunyai kadar serat larut yang tinggi. Hal ini dapat sekaligus menurunkan kolesterol. Oatmeal dikatakan juga bertindak sebagai spon dalam saluran pencernaan dan menyerap kolesterol sehingga dieliminasi dari tubuh dan tidak diserap ke dalam aliran darah.

6. Berry

Tidak hanya blueberry, tapi strawberry, blackberry dan jenis berry lainnya menurut sebuah studi baru baru ini, wanita yang berusia 25 hingga 42 tahun yang makan lebih dari tiga porsi bluberry dalam seminggu, memiliki risiko terkena serangan jantung 32 % lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang kurang atau sedikit mengkonsumsi berry. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa hal ini dikarenakan berry mengandung senyawa anthocyanin, flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan juga dapat melebarkan pembuluh darah.

7. Dark Doklat

Beberapa penelitian menunjukan bahwa coklat hitam dapat bemanfaat untuk kesehatah jantung, pasalnya  jika mengkonsumsi coklat setiap hari bisa mengurangi serangan jantung dan juga stroke. Penemuan ini yakin kemampuan dan khasiat untuk jantung tersebut hanya ditemukan dalam coklat hitam, yang berarti mengandung 60-70% kakao. Dark coklat mempunyai senyawa flavonoid yang bernama polifenol yang dapat menurunkan tekanan darah, pembekuan darah dan peradangan.

8. Buah Jeruk

Orang yang mengkonsumsi flavonoid dalam buah jeruk memiliki 19% lebih rendah dari risiko penyakit stroke iskemil (disebabkan oleh pembekuan) dibandingkan dengan mereka yang tidak sering mengkonsumsi jeruk. Seperti yang kita ketahui, buah jeruk ini mengandung vitamin C yang telah dikatkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Namun anda harus berhati hati terhadap jus jeruk yang telah ditambahkan pemanis atau gula.

9. Kentang

Tidak ada alasan untuk menghindari kentang, selama mereka tidak digoreng, kentang dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda. Kentang yang di rebus bisa menjadi pilihan yang tepat untuuk anda dalam mebantu menurunkan tekanan darah. Juga kentang sangat tinggi serat yang dapat membantu meringankan risiko penyakit jantung.

10. Tomat

Mengonsum tomat di AS telah menjadi kebiasaan dan dipercaya merupakan hal baik untuk kesehatan jantung. Seperti kentang, tomat juga tinggi kalium dan juga merupakan sumber yang baik dari antioksidan jenis lycopene. Lycopene adalah karotenoid yang dapat membantu menyingkirkan kolesterol “buruk”, menjaga pembuluh darah terbuka, dan risiko serangan jantung lebih rendah. Dan karena tomat rendah kalori dan rendah gula, sehingga tidak mengurangi dari diet yang sudah sehat. “Mereka sangat baik bagi tubuh dalam berbagai cara,” kata Graf.

11. Minyak Zaitun

Dalam studi penting, orang yang berisiko tinggi untuk penyakit jantung yang mengikuti diet Mediterania (tinggi dalam biji-bijian, buah-buahan, sayuran) dilengkapi dengan kacang-kacangan dan setidaknya empat sendok makan sehari minyak zaitun mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan kematian sebesar 30%. Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah. Zaitun baik hijau dan hitam adalah sumber yang  lemak “baik” kata Graf.

Jus Daun Sirsak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *